Jumat, 28 Oktober 2016

Kegiatan membaca dan menulis dalam pendidikan Usia Dini


Jict-kembangkan-pendidikan-anak-usia-dinidijakut-02e4pqvghg.jpg
              Pendidikan usia dini adalah suatu program pendidikan yang di tunjukan untuk anak usia 0-3 tahun agar dapat berkembang secara jasmani dan rohani untuk melanjutkan jenjang pendidikan berikutnya. kegiatan-kegiatan yang di lakukan adalah pengenalan lingkungan sekitar,pengenalan benda, bentuk, huruf melalui permainan contoh tactile play/ permainan dengan tangan, merupakan jenis permainan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penglihatan dan perabaan melalui tangan, functional play. permainan mengutamakan gerakan motorik halus dan kasar/ otot besar.
             constructive play/ permainan membentuk balok, lego, dan sebagainya untuk membangun atau membentuk bangunan. permainan kreatif/creative play yaitu permainan yang dapat membuat anak dapat berkreasi, menciptakan sesuatu sesuai imajinasinya sendiri. Permainan yang dapat memegang peranan tertentu pada anak (Symbolic/drama play). Permainan yang bersifat kompetisi/ persaingan yang mempunyai peraturan tertentu. Permainan yang melibatkan penglihatan dan pendengaran ( permainan pasif) dimanapermainan dapat membuat jiwanya aktif melalui pendengaran dan penglihatan untuk dapat memahami sesuatu ( receptive play)
             Ada pula berbagai area di dalam kegiatan murid PAUD seperti area keimanan dan ke taqwaan dimana para murid di perkenalkan dengan kegiatan keagamaan, ibadah, seperti sholat, puasa dan lainnya dengan miniatur ibadah, buku-buku cerita dan gambar-gambar. Sentra alam: para murid di perkenalkan dengan kegiatan yang berkaitan dengan alam, bagaimana menjaga lingkunagn dan membuang sampah pada tempatnya. Sentra seni: dimana para murid di latih keterampilan tangan, rasa kemandirian, kemampuan memahami keindahan dengan mengelem, menggunting, melipat, mewarnai, membuat prakarya dan lainnya. Bermain peran dimana murid dilatih untuk dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar/ interaksi social seperti upacara, dan lainnya didampingi guru. Sentra balok: dimana para murid di latih untuk dapat mengemnagkan kemampuan matematika melalui konstruksi, membangun dan balok, lego dan lainnya.tetapi sangat di sayangkan di lembaga pendidikan  usia dini sudah di ajarkan membaca dan menulis Karena mereka belum dapat mengenggam pensil dengan baik. Seharusnya mereka hanya di perkenalkan dengan lingkungan sekitar, benda-benda, bentuk-bentuk melaui permainan atau  mereka dapat belajar mewarnai,meraba dan menggenggam dengan baik untuk motoric kasar dan halus.
Sumber:
Wwwmembumikanpendidikan.com, jenis-jenis kegiatan bermain pada pendidikan usia dini, Rini Andriani, PAUD, pendidikan anak), 26 oktober 2016
www.m.kompasiana.com, macam-macam kegiatan pembelajaran sentra PAUD, 16 juni 2014)