Sabtu, 17 Desember 2016

Mengajarkan bayi berenang bagaimana caranya?



 

    Bayi sangat senang jika di ajak berenang dan bermain air selain itu berenang juga sangat bermanfaat bagi motorik dan pernafasan bayi serta mencegah obesitas.
  Berenang juga membuat bayi agar tidak takut air, melatih koordinasi keseimbangan fisik menurut penelitian. Usia bayi boleh di ajak berenang ketika bayi sudah bisa menegakkan kepala dan mengontrol badannya yaitu sekitar lima bulan.
    Ada cara-cara mengajari bayi berenang:
 * Bawalah bayi ke baby spa(salon bayi) untuk belajar tekhnik berenang dari terapis.
   * Belikan neck ring (ban leher untuk bayi) yang pas untuk bayi.
    * Ajari bayi untuk mengepak-ngepakkan tangan dan kakinya sebelumnya di masukan ke bak secara perlahan agar bayi tidak merasa takut.
   * Ada baiknya jika ibunya ikut berenang bersama bayi karena akan menjaga ke kompakkan antara ibu dan bayi.
   * Bermainlah dengan bayi saat berenang, berilah mainan yang tahan air seperti bola-bola, balon, mainan berbagai bentuk dan lainnya, bayi sangat senang jika bermain sambil berenang.
  * Berenang sebaiknya dilakukan seminggu satu-dua kali durasi 10-15 menit.
     * Jika bayi telah mengiggil tandanya harus berhenti berenang, setelah berenang sebaiknya bayi di susui, di beri minyak telon supaya hangat.
      Itulah cara mengajari bayi berenang, dengan cara yang benar bayi dapat menikmati kegiatan berenang, karena berenang itu menyehatkan.
  Sumber:
www.berenangyuk.com/content/pada usia berapa sebaiknya seorang anak belajar ? Terlalu dini mungkin tidak baik begitu kata ahli.
Www.tempo.co.id/read/news/kapanbayibolehberenang?kamis 18 September 2016/Dr Marisa T.S Pujianti, Sp.A.RS Premiere Jatinegara.
www.bidanku.com/berenang sangat baik untuk perkembangan bayi.