Sabtu, 18 Februari 2017

Sehat dengan gorengan


 Siapa yang tidak suka gorengan? Mulai dari anak-anak, orang dewasa sampai manula. Dimanapun pasti kita bisa menemukan gorengan ada banyak jenis dan macam gorengan:lumpia, bakwan, tempe goreng, tahu goreng, combro dan masih banyak yang lainnya.
      Gorengan biasanya tidak sehat karena di olah dengan minyak dan berulang-ulang, apalagi kalau beli kadang ada yang di olah dengan plastik supaya renyah tentunya tidak baik untuk kesehatan. Meskipun di olah dirumah tetap saja beresiko karena minyak mengandung lemak jenuh, anak mudah terserang panas dalam dan batuk.         Tetapi jika ingin mengkonsumsi gorengan ada caranya supaya tetap sehat menurut seorang chef Nanda:
  • Mulai dari pemilihan minyak sebaiknya pilih minyak yang ber kualitas baik dan lihat teksturnya. Seperti minyak sayur baik untuk kesehatan karena tidak mudah terbakar saat menggoreng dan rendah lemak karena mengandung air. Bisa juga menggunakan minyak kedelai.
  •  Cara menggoreng juga perlu di perhatikan sebaiknya menggoreng dengan suhu yang kecil terlebih dahulu, setelah mulai naik suhunya bahan di goreng setengah matang baru api di besarkan.
  • Dibolak-balik supaya tidak menjadi gosong setelah itu angkat saring dan alasi tisu makan di piring supaya minyak terserap dengan baik.
  • Sebaiknya minyak di gunakan tidak berkali-kali maksimal 2-3 kali pemakaian karena mengalami proses karsinogenik yang bisa mengakibatkan penggumpalan dalam tubuh.
      Dengan cara di atas menggoreng lebih sehat, Selamat mencoba.
Sumber:
Dok.pribadi 
Meski Tahu saat di dapur, Republika, Minggu 5 Februari 2017.