Minggu, 14 Mei 2017

Sajian Penuh Cinta untuk Keluarga dari Ayam Dingin Segar


Helosehat. com


https://www.facebook.com/ayamdinginsegar/
Ayamdinginsegar. com



     Ayam goreng nyam-nyam enak itulah kata-kata yang selalu di ucapkan Upin dan Ipin, saat menikmati ayam goreng yang tersaji di meja makan oleh neneknya. Anak-anak pasti selalu ingat kata-kata tersebut saat menonton serial Upin dan Ipin di televisi. 
   Kalau di sajikan ayam goreng anak-anak pasti suka apalagi di tambah nasi panas dan saos tomat. Atau kentang goreng kalau makan ayam goreng tepung Kentucky atau chiken katsu dan lainnya. 
   Kami sekeluarga juga penyuka ayam hampir setiap hari kami menyajikan ayam goreng sebagai salah satu menu makanan. Sesekali kami masak opor ayam,  gulai ayam,  balado ayam,  saos mentega dan lainnya ataupun sekedar di goreng bumbu kuning,  ayam goreng tepung rasanya sudah cukup enak. Kalau lagi pergi singgah di restoran atau rumah makan Padang untuk menikmati ayam. 
   Di Cina biasanya daging ayam yang di masak lengkap bagiannya termasuk bagian kepala,  ceker. Bagian yang di gunakan sebagai makanan biasanya dada,  daging,  jantung,  hati.  Ceker jarang di masak biasanya di rebus atau di jadikan kaldu,  atau bisa juga menggunakan bagian tulangnya. Organ lain seperti paru-paru,  usus,  dan bulu biasanya di buang atau di jadikan makanan ber protein.
    Ayam sebaiknya dimasak terlebih dahulu  setidaknya sekitar 74 derajat celcius sampai matang.  Kalau mentah akan menimbulkan penyakit seperti : tipes,  Flu burung,  Flu perut (gastroenteritis), dan sidrom Guillaiin-Bare( Penyakit yang mengakibatkan kelumpuhan) karena dalam daging ayam masih terdapat bakteri Sarmanela, virus dan parasit walaupun ayam sudah mati sebenarnya masih tetap hidup di dalam organisme ayam. Dengan proses masak yang sempurna tentunya akan membuat kita terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.
   Ayam itu sangat bermanfaat karena mengandung protein, Vitamin A, Vitamin B3, Vitamin B5, dan Vitamin B6 yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh,  bagus juga untuk yang sedang menderita penyakit flu selain bisa sebagai penghangat tubuh juga ber fungsi untuk me ringankan gejalanya, memperkuat tulang.
  Biasanya Saya belanja ayam di pasar,  membeli ayam hidup yang langsung di sembelih dan di potong menjadi 12-16 potong atau 20 potong kalau mau di buat sop atau ayam goreng saos mentega. Kalau sesekali mau usus ayam, atau kulit ayam goreng tepung biasanya beli di supermarket karena tidak ada di pasar,  kalaupun ada harus pesan dulu,  itupun belum tentu dapat biasanya buat suplai ke restoran. Kalau memilih ayam gampang-gampang susah,  tapi kita bisa membedakan kalau teliti dari warnanya cream kemerah-merahan dan masih ada sisa darah mengalir di dalam ayam kalau kita pegang akan kembali ke bentuk semula, kaki tidak memar.  Kalau ayam yang tidak di lalati justru patut di curigai bisa jadi di beri bahan kimia sejenis formalin atau borax ngeri ya Bunda. Karena sekarang ini,  banyak sekali ayam tiren di pasaran yang di beri bahan pengawet sehingga tahan beberapa hari bahkan bulan. 
    Setelah pulang dari pasar biasanya saya cuci tangan dulu setelah itu baru Saya balurin ayam pakai bawang putih halus dan jeruk nipis,  sedikit jahe,  garam,  kecap asin,  kecap inggris dari potongan itu saya jadikan dua plastik,  kalau mau di masak tinggal langsung di olah sesuai selera, dengan cara ini biasanya ayam lebih awet kalau di taruh di freezer. Menurut penelitian mencuci ayam mentah bisa ber resiko penyebaran bakteri ke dalam peralatan dapur kampilobakteri yang menyebakan penyakit seperti: diare,  keguguran pada ibu hamil,  sidrom Guillain-Barre (kelainan langka yang menyrbabkan kerusakan pada sistem syaraf. Kalau mau di buat ayam goreng bumbu kuning,  opor atau gulai biasanya di ungkep sekitar 5-10 menit lalu di masukan ke slow cooker,  membuat ayam lebih empuk dan gizinya tetap terjaga. Kadang saya membuat kaldu ayam dari tulang ayam di slow cooker. Itulah sajian penuh cinta dari ayam dingin segar untuk keluarga Kami, Semoga Bunda bisa menyajikan sajian penuh cinta dari ayam dingin,  segar,  praktis dan serbaguna untuk keluarga.
Referensi:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daging_ayam
www.alodokter.com/berbahaya-jangan-cuci-daging-ayam-mentah
thekokiinstan.com/cara-memilih-ayam-segar/
https://hellosehat.com/bahaya-ciri-daging-ayam-belum-matang/