Inilah Cara Mengeksplorasi Anak yang Aktif


    Apakah anak Emak suka berlarian kesana kemari? tidak dapat duduk diam? atau mengamati apa yang kita lakukan? atau suka mengacak-acak peralatan dapur, sapu dan lainnya. Itu tandanya Ia abak yang aktif. Biasanya Ia suka mengamati apa yang ada disekelilingnya. Misalnya saat kita memberi makan binatang peliharaan kita atau saat kita memasak Ia suka membuka laci dapur dan mengambil peralatan dapur seperti centong nasi, sendok dan lainnya. Tentunya Emak harus mempunyai cara agar anak aktif semakin cerdas dan sehat, yaitu:
 Ajak ke tempat wisata edukasi.
   Banyak kegiatan yang bisa dilakukan agar anak aktif bertambah cerdas misalnya ajak ke tempat wisata edukasi seperti: museum, perpustakaan, taman bacaan dan lainnya. Seperti: membaca buku, bermain, mengamati apa yang ada di tempat tersebut dan lainnya. Sehingga menambah pengetahuannya.
Kegiatan fisik
  Bisa dengan berjalan kaki di sekitar rumah pada pagi hari, bermain bulu tangkis, bersepeda, dan lainnya. Biasanya anak aktif menyukai kegiatan yang berkaitan dengan fisiknya selain untuk melatih motoriknya juga menyalurkan energinya.
Arahkan ke kegiatan positif sesuai hobinya.
   Anak yang aktif biasanya cenderung mudah bosan dan tidak fokus. Jadi perlu melakukan kegiatan yang bervariasi tentu sesuai dengan kesukaannya. Seperti: berenang, senam, karate dan lainnya.
Ajak anak mengeksplore dirinya.
    Dengan memberikan buku mewarnai, buku gambar, membuat sesuatu dari barang bekas dapat menyalurkan energinya untuk berkreasi. Mengeksplore dirinya kearah yang positif agar dapat lebih kreatif.
Memberikan dan mengajarkan anak permainan sederhana.
   Permainan sederhana yang mengedukasi bisa menambah kecerdasan anak yang aktif seperti puzzle, menyusun balok, lego dan lainnya. Dapat menambah kecerdasannya. Anak dapat mengenal bentuk, nama benda sehingga menambah kecerdasannya.
   Dengan melakukan kegiatan yang bervariasi setiap harinya anak yang aktif dapat lebih sehat dan pintar. Selamat mencoba dan berkreasi ya Mak.

Komentar

  1. Setujuuu Mba Rinny, variasi kegiatan untuk anak yang aktif itu perlu... thanks for sharing 😊

    BalasHapus
  2. Makasih sharenya ya mbk, praktekin ah

    BalasHapus
  3. MEnurutku melihat karakter anak penting banget agar ortu dan anak bisa saling memahami. Kakaku dulu sering banget mengeluh dengan karakter anaknya yang sering main di luar dan aktif. Bukannya memfasilitasi seperti mengarahkan pada kegiatan aktif seperti olahraga atau memberi perhatian lain, eh malah di-"kekang" dan dimarahi sehingga sekarang mereka tidak saling memahami kebutuhan masing-masing dan hubungannya renggang.

    ananrahma.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayang sekali ya justru anak nanti jadi takut mau melakukan sesuatu kasihan anaknya. Anak butuh eksplorasi diri itu masanya.

      Hapus
  4. Anak saya Erysha bukan anak yang aktif. Dia tipe anak yang kalem. Tetapi, walau bukan anak yang aktif, tetap saya banyak memberikan kegiatan stimulasi anak di rumah untuk mengoptimalkan kemampuannya seperti yang bunda sampaikan di atas. Terima kasih πŸ˜ƒ

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dian Restu Agustina Inspirasiku Dalam Menulis

Menikmati Pemandangan sambil Ngopi Di Ngopi di Kebon Bandung

Super Suki Taman Jajan Bintaro Masakan steamboat yang enak dan segar