Jumat, 24 November 2017

Ciptakan Lingkungan Asri, Sehat dan Bersih dengan Taman


        Saya senang sekali akhir-akhir ini Jakarta, Depok, Bogor dan lainnya, membangun taman-taman seperti: Taman Menteng, taman Suropati, taman Bintaro x change dan baru-baru ini ada Taman Jajan Bintaro CBD yang berada di sektor 7 dan lainnya. Selain tamannya nyaman karena ada fasilitas bermain seperti:ayunan, perosotan, rumput yang bentuknya seperti gunung, joging track, arena skateboard dan lainnya, fasilitas wifi juga ada buat yg ingin berselancar di dunia maya.
  
       (www.rek-ayo-rek.blogspot.co.id)
Wisatajabar.com

       Di taman-taman tersebut juga ada fasilitas seperti tempat duduk untuk ber istirahat setelah lelah ber olahraga atau bermain, tempat makan seperti yang ber ada di sekitar taman , tanaman-tanaman.
        Sebagaimana yang kita ketahui keberadaan taman kota di sekitar pemukiman sangatlah penting karena dapat menciptakan lingkungan yang bersih, asri dan sehat. Hal ini yang di sadari pemerintah yang sudah memahami manfaat keberadaan taman.
      Adanya taman sangat bermanfaat untuk lingkungan di antaranya:
1. Dari segi Estetika.

        (Www.rek-ayo-rek.blogspot.co.id)
              Dapat membuat membuat pemandangan menjadi indah dengan adanya bunga ber warna-warni, pohon yang di tanam terlihat rimbun, tinggi dan kokoh menambah ke indahan taman.
2. Dari segi kesehatan
       Taman dapat di jadikan sebagai arena untuk berolah raga seperti joging track, permainan, arena skate board dan lainnya. Tanaman yang dapat menyerap air ketanah sehingga dapat mencegah banjir juga adanya pohon membuat udara menjadi sejuk, segar karena dapat menghasilkan oksigen menyerap CO2 atau karbondioksida yang di hirup setiap harinya sehingga nafas menjadi lega dan sehat. Adanya lubang biopori yaitu lubang yang di buat dengan cara dimasukan pipa di bor sedalam 1 meter kemudian dimasukan sampah menyerap air meningkatkan cacing dapat menyuburkan tanah.
3. Dari segi edukasi
Tarulh.com
        Dapat di jadikan sebagai media pembelajaran bagi siswa untuk mengetahui berbagai jenis tanaman, cara menanam dan menjaga kebersihan lingkungan.
      Namun sangat di sayangkan taman yang ada saat ini tidak terlalu luas, tempat jualan kurang bersih, kurang tersedia tempat sampah, petugas kebersihan, kurangnya kesadaran pengunjung terhadap kebersihan banyak sampah berserakan, kurangnya fasilitas Olah raga seperti joging track.
      Untuk itu di perlukan tambahan fasilitas seperti: tempat sampah, fasilitas Olah raga, penyediaan petugas kebersihan, tanaman, ada baiknya di buat lebih banyak taman bermain, lapangan yang luas unuk di jadikan taman bermain seperti: lapangan bola, bulu tangkis, basket di sekitar Bintaro sehingga anak tidak bermain di jalanan. Karena lingkungan bersih, sehat, dan asri tercipta salah satunya dengan adanya taman-taman.
Referensi:
Rek-ayo-rek.blogspot.com
media.Tangsel.com