Rabu, 18 April 2018

Cara Menstimulasi Berbicara pada Anak


Suatu sore Saya mengajak keponakan jalan-jalan bermain di sekitar rumah, Ia melihat seekor burung terbang lalu bilang"Rung, Rung. Dan Saya menjawab "Burung, Kak". Memang saat anak belajar berbicara Kita harus sering menstimulasi agar Ia dapat berbicara dengan bahasa yang jelas. Karena Ia menirukan apa yang diucapkan orangtuanya atau orang-orang disekitarnya. Berikut cara menstimulasi anak berbicara,diantaranya:
* Berbicara dengan bahasa yang mudah dimengerti anak.
Saat anak mengucapkan sesuatu, Kita harus mengajarkan anak mengucapkan kata tersebut dengan benar. Seperti cerita Saya tadišŸ˜Anak akan terbiasa mengucapkan kata dengan benar, mengikuti apa yang diucapkan.
* Membacakan cerita.
Membacakan buku cerita nabi atau belajar huruf dan cerita lainnya akan membiat anak terbiasa mendengar dan berbicara dengan benar. Saat Kita menyebutkan suatu benda yang ada di dalam cerita seperti meja, tas dan lainnya. Anak akan menirukan dan akhirnya terstimulasi kemampuan berbicaranya.
*Ucapkan berulang-ulang.
Mengucapkan kata yang benar secara berulang-ulang akan membuat anak dapat berbicara dengan lancar dari mendengar. Seperti sapu, batu dan lainnya.
* Rajin berkomunikasi dengan anak.
Saat berjalan-jalan atau bermain bersama anak, ajaklah selalu mengobrol. Berkomunikasi dengan anak sangat bermanfaat untuk menjalin kedekatan dengan anak.
* Berilah instruksi pada anak.
Sekali waktu beri instruksi pada anak untuk melakukan sesuatu, misalnya: bersalaman, mencium, mengambil sesuatu atau mencium. Anak akan belajar berbicara melalui pemahaman instruksi.
Itulah beberapa cara untuk menstimulasi bicara pada anak, semoga bermanfaat.
Sumber foto:happyclub.id

Dikutip dari berbagai sumber.